Klinik

Layanan Konsultasi bagi KUMKM ini berawal dari Klinik Konsultasi Bisnis KUMKM yang diselenggarakan di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Jl Sisingamangaraja 3A Semarang sejak Juni 2014 yang diampu oleh konsultan yang tergabung dalam ABDSI Jawa Tengah.
Dan sejak diresmikannya UMKM Center pada 29 Januari 2014 lalu  Layanan Konsultasi UMKM ini dilayani oleh 2 orang tenaga ahli , 7 konsultan KUMKM dan 5 tenaga administrasi yang bertanggung jawab secara langsung ke Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah.
Klinik Konsultasi KUMKM pada UMKM Center Jawa Tengah memiliki  memadukan Konsep 5 C dalam visi dan misinya yaitu :

Visi 1C : Mewujudkan Klinik Konsultasi KUMKM sebagai Pusat Unggulan bagi Pembelajaran dan Layanan Pengembangan Bisnis Terpadu bagi Koperasi UMKM di Jawa Tengah  serta  Menjadi Acuan Tingkat Nasional Pada Tahun 2020 (Center of Exellence)
                             
Misi 4C :

  1. Mewujudkan layanan terintegrasi dalam bidang pendampingan, pembinaan dan pengembangan KUMKM dalam memberikan solusi dan menyelesaikan permasalahan  (Center of Problem Solution)
  2. Menjadikan Klinik Konsultasi KUMKM sebagai tempat terbaik yang dapat memberikan acuan dan refensi yang tepat untuk mendapatkan solusi terbaik dari berbagai permasalahan yang dihadapi KUMKM  (Center of Reference)
  3. Menjadikan Klinik Konsultasi KUMKM sebagai pusat penelitian dan pengembangan mengenai KUMKM dimana hasilnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku KUMKM (Center of Research)
  4. Menjadikan Klinik Konsultasi KUMKM sebagai pusat ilmu , sumber pengetahuan  dan tempat  praktik terbaik bagi  KUMKM (Center of  Best Practice)

Melalui SK Kadinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah No 910/01/I/2015 para professional tersebut siap melakukan pendampingan dan bimbingan kepada KUMKM di Jawa Tengah dengan 13 Layanan , diantaranya :

Pusat Informasi Usaha
menyediakan informasi yang diperlukan untuk memulai usaha (start up business) , menjalankan usaha termasuk diantaranya teknologi tepat guna yang dipakai dalam mengembangkan usaha
Konsultasi Bisnis UMKM
didampingi oleh konsultan pendamping UMKM berkompeten yang akan membimbing dan mendampingi UMKM dari sisi manajemen dan teknis .
Layanan Akses Pemasaran
bekerjasama dengan KADIN INDONESIA dan pihak terkait yang menyediakan informasi pasar termasuk menjalin kemitraan dengan International Trade Promotion Center – ITPC yang ada di luar negeri.Selain pemasaran melalui off line ( konvesionalpemasaran on line produk UMKM
Business Matching dan Trading House
bekerjasama dengan perusahaan retail besar dalam bidang pemasaran dan membantu pembuatan kontrak dagang bagi KUMKM
Layanan Advokasi
bagi pelaku UMKM khususnya di bidang pendampingan hukum dan legalitas usaha
Layanan Perlindungan Produk
yaitu layanan konsultasi perlindungan hukum bagi produk yang dihasilkan KUMKM diantaranya PIRT , POM Halal ,POM MD , HAKI
Layanan Fasilitasi Akses Pembiayaan
bekerjasama dengan lembaga pembiayaan perbankan dan non perbankan serta fasilitasi bantuan jaminan pembiayaan melalui perusahaan penjaminan kredit JAMKRIDA Jawa Tengah.
Layanan Konsultasi Pajak bagi KUMKM
yaitu pendampingan dalam bentuk bimbingan dan penyuluhan mengenai pajak bagi para pelaku usaha
Layanan Pendirian Koperasi dan Pendampingan
ditujukan bagi kelompok masyarakat dalam pendirian koperasi baru termasuk di dalamnya pegurusan legalitas usaha koperasi.
Layanan Pengembangan Bisnis Koperasi
ditujukan bagi koperasi yang bermaksud mengembangkan usaha bisnisnya melalui program capacity building dan pelatihan berkelanjutan
Inkubasi Bisnis
melalui program pendampingan bisnis bagi start up business maupun pengusaha pemula melalui sebuah program unggulan “JATENGPRENEURSHIP”
Layanan Klinik Desain dan Kemasan bagi KUMKM
membantu desain logo dan kemasan serta promosi melalui branding produk UMKM
Sarana pembelajaran atau Learning Center
bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis melalui kegiatan training , workshop , FGD dan kegiatan pendukungnya.