Fashion Show Pesona Batik Kudus dan Bazaar UMKM


 

Batik merupakan mahakarya Indonesia yang sudah diakui Unesco sebagai warisan budaya. Diakuinya batik sebagai kepemilikan absolute Indonesia menegaskan kekhasan dan warisan sejarah yang tertulis di atas kain.

Tidak terkecuali batik Kudus yang keberadaannya sudah ada sejak lampau. Keberadaannya telah terpelihara hingga kini dan masih terus dikembangkan. Bagi beberapa orang yang terus memelihara batik Kudus, menorehkan canthing di atas kain memiliki filosofi yang khas.

Kapal kandas, Prijoto, Bulusan, dan Pakis Haji merupakan nama yang tak asing bagi masyarakat Kudus. Berasal kekhasan Kudus itulah menjadi icon khas batik Kudus yang terus dikembangkan saat ini. Dari batik Kudus pulalah khasanah budaya yang membawa Kudus berbicara di tingkat nasional hingga internasional.

Batik memiliki filosofi masing-masing dengan makna pada setiap bentuk dan torehan yang ada. Menorehkan canting di atas kain yang berfilosofi apa yang menjadi kekhasan di Kabupaten Kudus. Begitu juga dengan Tugu Identitas yang memiliki makna dari setiap bentuk bangunannya.

Batik Kudus dengan motif khas juga sebagai jati diri yang memperkuat ciri khas Kudus. Adanya penggabungan kedua jati diri bisa dijadikan gagasan untuk membangkitkan semangat masyarakat Kudus. Karena itulah, kami dari orang-orang yang mencintai batik Kudus, menggelar acara bertajuk “PESONA BATIK KUDUS” yang mengkolaborasikan khasnya batik Kudus dengan  Bazar Coklat & Cup Cake bertema Valentine Days dengan maksud UKM Coklat dan Cup Cake ikut berpartisipasi dalam kegiatan  sebagai media promosi dan pasar bagi UKM , yang kita tuangkan dalam sebuah event untuk lebih memperkenalkan batik Kudus, sekaligus berkampanye meramaikan UMKM Center Jateng.